Selasa, April 21, 2009

Agar Anak Bisa Tidur Nyenyak

* Ajaklah anak berolahraga secara teratur. Bisa dengan berjalan kaki ringan sambil menghirup udara segar di pagi hari atau melakukan olahraga kesenangannya. Semakin bugar tubuh anak, semakin mudah pula baginya untuk bisa tidur nyenyak.

* Lakukan pembiasaan menetapkan waktu tidur, baik tidur siang maupun malam. Konsistensi soal waktu tidur ini selain memudahkan anak tidur nyenyak juga membantu melatih anak disiplin.

* Jangan biasakan anak makan menjelang tidur atau makan terlalu malam. Kebiasaan buruk ini hanya akan membuat sistem pencernaannya bekerja lebih berat sewaktu tidur. Akibatnya, tidurnya pun jadi tidak tenang. Sangat baik bila makan ditetapkan sore hari menjelang malam, yakni 3-4 jam sebelum tidur.

* Pilihkan tayangan teve yang menghibur dan hindari tayangan yang menyeramkan/menegangkan.

* Di waktu-waktu tertentu menjelang tidur tak ada salahnya mandi dengan air hangat yang membuat tubuhnya lebih relaks dan nyaman.

* Perhatikan kamar tidurnya. Suasana hening, udara sejuk dan segar jelas akan membantunya terlelap.

* Bila anak terlihat resah, cobalah untuk menenangkannya. Misalnya dengan menceritakan sesuatu yang menghibur, menguatkan keberaniannya, menanyakan apakah ada masalah yang sedang dipikirkannya sekaligus membantunya mencarikan solusi.

Sumber : tabloid - nakita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar