Senin, Maret 23, 2009

Perjalanan Mekkah-Madinah

Menteri Perhubungan dan Transportasi Kerajaan Arab Saudi Dr. Jabbara Ash-Sharaysiri menyatakan bahwa pembangunan jalur kereta api untuk Jeddah-Mekah-Madinah sudah sangat siap dan sudah disepakati Majelis Anggaran Kerajaan Arab Saudi. Demikian seperti dijelaskan Jabbarah kepada harian Al-Watan (Arab Saudi) edisi Ahad, 22 Maret hari ini.

Nantinya, Arab Saudi akan berkonsentrasi membangun jalur kereta api untuk memecahkan masalah angkutan di negara kaya minyak ini.
"Mekah-Jeddah hanya akan ditempuh setengah jam dan Madinah-Mekah atau Madinah-Jeddah akan ditempuh dalam waktu dua jam perjalanan yang menyenangkan," kata Jabbarah. Demikian juga pembangunan monorail dan kereta api untuk Mekah-Mina-Muzdalifah-Arafah.

Anggaran yang disiapkan untuk itu memcapai 6,78 Milyar Riyal. Kecepatan kereta api mencapai 300 kilometer perjam. Kini mulai dibangun infastrukturnya termasuk membangun jembatan-jembatan yang akan dilintasi kereta api cepat yang diambil dari Prancis itu.

Jabbarah juga mengungkapkan bahwa jalur kereta apai akan dibangun membelah wilayah Kerajaan Arab Saudi dari wilayah selatan ke utara. Dari Pelabuhan Islam di Jeddah mencapai Riyadh hingga pelabuhan Raja Abdul Azizi di Dammam, Teluk Arab yang jaraknya mencapai sekitar 950 kilometer.

Sumber : Hidayatullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar