Selasa, Maret 17, 2009

Cantik Dengan Minyak Zaitun


Buah Zaitun




Minyak Zaitun
Minyak zaitun tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kaum wanita. Minyak zaitun atau Olive adalah hasil perasan dari buah zaitun, buah tradisional dari kawasan Mediterania yang sarat khasiat. Minyak ini dapat digunakan mulai untuk memasak, bahan kosmetik, obat-obatan, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak.
Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).Selain diolah menjadi minyak, buah zaitun ini pun diolah dalam berbagai bentuk, ada yang dikeringkan atau dijadikan acar. Namun, seperti yang disinggung tadi, minyak zaitun selama beribu-ribu tahun juga terbukti menjadi salah satu rahasia merawat tubuh.
Orang Yunani memanfaatkan daun zaitun sebagai pembersih luka.Sekarang ini pun minyak zaitun banyak dipergunakan untuk kecantikan, antara lain untuk keindahan rambut, kulit hingga menjaga berat badan.
Jika dioleskan ke mahkota kepala, minyak zaitun akan membantu menyuburkan rambut, membuatnya hitam dan lebat. Caranya bisa dicampurkan dengan penggunaan samphoo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian bilas hingga bersih.
Campuran minyak zaitun kedalam makanan atau menggosoknya langsung kekulit dapat menjaga kelembapan kulit. Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang baik untuk kesehatan kulit. Memakan buah zaitun langsung juga sangat bermanfaat. Kandungan oleic acid dapat mengenyalkan kulit dan melindungi elastisitas kulit dari kerusakan.
Ada resep sederhana bagaimana cantik dengan minyak zaitun. Pertama bersihkan kulit wajah, lalu scrub dengan bahan-bahan alami. Salah satunya campuran garam halus dan jeruk nipis, keduanya merupakan perpaduan pengelupas (exfoliator) yang kuat. Setelah itu bersihkan wajah dengan air suam-suam kuku.

Oleskan minyak zaitun merata dari kulit wajah sampai leher setiap malam, (scrub tak perlu dilakukan tiap malam) sambil melakukan pijatan ringan. Pijatan tersebut berfungsi mengendurkan ketegangan otot wajah setelah Anda lelah beraktifitas. Diamkan selama 10 menit agar meresap, setelah itu bilas hingga bersih.
Untuk tubuh, gunakan setiap kali sehabis mandi ke seluruh permukaan tubuh. Minyak zaitun mudah meresap, sehingga anda tidak perlu khawatir lengket. Dengan menggunakan minya zaitun rutin setiap hari, rambut dan kulit bersinar pun dapat anda miliki./cr1/it
Sumber : RepublikaOnline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar